Selasa, 14 Agustus 2012

Dasar-Dasar Ajaran SH Terate

Tujuan Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) adalah membentuk manusia berbudi luhur tahu benar dan salah dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Untuk mewujudkan tujuan itu PSHT berusaha meletakkan dasar-dasar ajaran yang dikemas sedemikian rupa sehingga mudah diterima para warga/anggotanya. Dasar-dasar ajaran PSHT itu pada pokoknya terdiri dari lima aspek.
Kelima aspek ajaran yang terkandung dalam ajaran Persaudaraan Setia Hati Terate itu adalah:
1. Persaudaraan
2. Olah Raga
3. Beladiri
4. Seni Budaya
5. Kerokhanian
Namun perlu digaris bawahi bahwa, meskipun yang tersurat dari kandungan pokok-pokok ajaran Persaudaraan Setia Hati Terate itu terbagi menjadi lima aspek, dalam prakteknya keseluruhan dari kelima aspek itu harus mencakup dalam kesatuan. Sebab kelima aspek ajaran itu pada prinsipnya merupakan satu kesatuan yang tidak bisa dipisah-pisahkan atau “gangsal kang nyawiji” (lima yang menyatu).

1. Persaudaraan
Aspek pertama yang terkandung dalam ajaran Persaudaraan Setia Hati Terate adalah “persaudaraan”. Pada bagian terdahulu telah disebutkan bahwa persaudaraan dalam pandangan Persaudaraan Setia Hati Terate adalah persaudaraan yang kekal dan abadi. Yakni persaudaraan yang utuh, yang tidak memandang siapa aku dan siapa kamu, persaudaraan yang tidak membedakan latar belakang dan status poleksosbud, dengan penekanan bahwa jalinan persaudaraan itu tidak boleh bertentangan dengan hukum yangberlaku di tengah-tengah masyarakat.
Kemudian untuk memelihara persaudaraan yang kekal dan abadi, sangat dibutuhkan adanya penghayatan dan kesadaran yang tinggi. Di samping harus pula senantiasa ingat bahwa manusia adalah maklhuk ciptaan Tuhan yang sarat dengan kelemahan dan kekurangan (titah sak wantah). Sehingga dengan demikian, kita diharapkan dapat saling melindungi, menyayangi, saling mau mengerti, menghormati dan dituntut untuk, sedapat mungkin, saling bertanggungjawab. Dan selain dari hal tersebut, kita dituntut pula untuk senantiasa berhati-hati terhadap hal-hal yang dapat merusak tatanan nilai persaudaraan. Yakni, bila diantara kita terdapat rasa mau menang sendiri, rasa curiga, dan merasa dirinya paling hebat dan paling super.
Sadar akan keberadaan diri kita sebagai makhluk sosial, setelah kita berhasil menggalang satu jalinan persaudaraan, setelah kita tahu terhadap kemungkinan datangnya hal-hal yang dapat merusak persaudaraan, dan agar persaudaraan itu dapat bertahan, dibutuhkan suatu media pengikat. Media pengikat jalinan persaudaraan itu, dalam Persaudaraan Setia Hati Terate, adalah olah raga.

2. Olah Raga
Kenapa Persaudaraan Setia Hati Terate memilihmedia pengikat jalinan persaudaraan di antara para anggotanya dengan olah raga?
Pertama, bahwa ditinjau dari proses kelairannya, Persaudaraan Setia Hati Terate didirikan oleh seorang pendekar yang memiliki jiwa sosial yang sangat kuat. Seorang pendekar yang sadar akan kodrat dirinya sebagai makhluk sosial. Seorang pendekar yang menaruh perhatian besar (concern) terhadap masalah-masalah di sekitarnya. Disini olah raga dipergunakan sebagai alat untuk menghimpun orang-orang, terutama generasi muda untuk diorganisir sedemikian rupa.
Kedua, bahwa selain memiliki jiwa sosial yang tinggi, pendiri Persaudaraan Setia Hati Terate itu, Ki Hadjar Hardjo Oetomo, memiliki jiwa kepemimpinan (leadership) yang sangat menonjol. Oleh karenanya orang-orang yang telah berhasil dihimpun dan diorganisir tersebut, kemudian diarahkan pada satu tujuan tertentu. Lalu ia berusaha memimpin mereka untuk bersama-sama mencapai tujuan yang dicita-citakan.
Ketiga, mengapa Persaudaraan Setia Hati Terate memilih olahraga? Bahwa seperti apa yang kita sadari bersama, olah raga adalah merupakan satu betuk kegiatan yang dapat diterima oleh banyak orang. Kecuali kegiatannya tidak banyak menyita waktu dan fikiran, olahraga adalah bentuk kegiatan yang sangat memberi manfaat bagi kesehatan badan(raga), yang pada gilirannya akan memberikan kekuatan batin/rokhani (jiwa). Pepatah mengatakan, “Mensana In Corpore Sano” (di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat).
Hal yang demikian itu mengandung maksud bahwa untuk mencapai tujuannya, Persaudaraan Setia Hati Terate meletakkan dasar/landasan (pondasi) yang kokoh kepada warganya. Upaya itu diwujudkan dengan terlebih dahulu membentuk jasmaninya dan menyehatkan badannya, menyusul kemudian seperti apa yang dikatakan pepatah di atas, adalah jiwa dan kepribadian.

3. Beladiri
Olah raga yang diporsikan Persaudaraan Setia Hati Terate untuk memberi landasan yang kuat kepada para warga dan anggotanya, perlu dicari bentuk atau jenis olah raga tertentu yang dirasa sangat cocok dan cukup efektif bagi Persaudaraan Setia Hati Terate. Dalam hal ini Persaudaraan Setia Hati Terate memilih jenis olah raga beladiri pencak silat. Kenapa musti pencak silat?
Pertama, karena pencak silat selain mengandung unsur olah raga, juga mengandung unsur beladiri; yakni suatu bentuk pertahanan (benteng) yang berguna sekali utuk memertahankan diri dari serangan lawan/musuh baik lawan yangberujud nyata maupun lawan yang tidak nyata. Yakni, nafsu yang bertahta dalam jiwa setiap insan.
Kedua, bahwa pencak silat merupakan beladiri khas yang bersumber pada kepribadian dan jati diri aslin Bangsa Indonesia, dan merupakan warisan nenek moyang yang adiluhung. Terlepas dari jenis maupun bentuknya, yang jelas manfaat dari beladiri amat terasa sekali. Salah satu sifat dari seseorang yang menguasai ilmu beladiri diri adalah: gerak dan tindakan orang tersebut kelihatan mantap dan penuh percaya diri. Ia tidak akan merasa was-was atau ragu-ragu dalam menghadapi suatu permasalahan maupun di dalam melakukan suatu pekerjaan. Ia pun tidak akan merasa takut dalam mengambil sikap atau menentukan keputusan. Lebih jauh lagi, ia akan menguasai taktik dan teknik yang dikonotasikan dan diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari, disamping punya sifat jantan dan selalu mengemban amanah dan janji ksatria.
Hal lain yang dapat diandalkan dari seseorang yang menguasai ilmu beladiri adalah, tidak gampang putus asa. Ia akan senantiasa berjuang demi mempertahankan kewajiban dan haknya. Ia punya sifat berani dan tak takut mati (karena ia punya keyakinan, kematian hukumnya wajib bagi makhluk hidup). Jika ia harus menghadapi cobaan hidup, ia akan menerimanya dengan lapang dada karena semenjak ia berlatih, jiwanya mulai ditempa dan digembleng sedemikian rupa. Ia sadar, sebesar apa pun nilai dari sebuah kesengsaraan jika diterima dengan lapang dada, hikmalah yang akan diterimanya (sepira gedhening sangsara yen tinampa amung dadi coba).
Sehingga pada saatnya nanti, ia akan menerapkan satu konsep hidup yang kokoh. Suatu konsep hidup yang dilandasi penempaan dan penggemblengan saat ia berlatih pencak silat. Dampaknya mengimbas pada, sekali lagi, kehidupan sehari-hari. Dengan sendirinya hal tersebut akan membuahkan suatu kesadaran tentang hakikat kehidupannya. Yakni pada dasarnya kehidupan ini merupakan suatu romantika. Atau dalam kata yang lebih tinggi lagi, merupakan proses perjalanan seni yang bernilai tinggi. Kebahagiaan dan penderiataan tidak memperngaruhi kepribadian dan keyakinannya akan kekuasaan Tuhan Yang Maha Esa. Segenap perasaan yang muncul ia antisipasi dengan kiat dan seni jurus tersendiri, yang merupakan penerapan dari jurus-jurus yang ia pelajari. Oleh karenanya, ketika berhadapan degan suatu masalah, secara refleks ia dengan mudah akan dapat mengantisipasinya dengan tanpa merugikan sesamanya (wani nglurug tanpa bala, menang tanpa ngrasorake).

4. Seni Budaya
Hal lain yang memperkuat alasan mengapa Persaudaraan Setia Hati Terate memilih jenis beladiri pencak silat adalah, bahwa pencak silat merupakan budaya warisan leluhuryangadiluhung, yang didalamnya terkandung “falsafah”; kesederhanaan, kehalusan, kelemahlembutan sekaligus kekuatan. Atau dengan kata lain merupakan perwujudan dari kepribadian bangsa. Karena pencak silat merupakan warisan leluhur, kewajiban kita adalah mengembangkan dan melestarikannya. Sebaliknya, jika kita tidak dapat melestarikannya, berarti kita akan kehilangan ciri khas dan kepribadian bangsa kita sendiri. Hal ini sangat berbahaya.
Sebab, bangsa yang tidak memiliki kepribadian, adalah bangsa yang terjajah jiwanya. Bangsa yang terjajah jiwanya, berarti bangsa yang sedang berkemas-kemas menyongsong kehancurannya.
Sebagai contoh konkret, Jepang. Pada perang dunia kedua, Jepang hancur-lebur akibat bom atom Sekutu. Tetapi karena rakyatnya punya jiwa yang kokoh, serta punya dedikasi tinggi untuk mempertahankan kepribadiannya, dalam waktu relatif singkat Jepang bisa segera bangkit dari kehancurannya. Hasilnya dapat kita lihat sekarang ini; Jepang mampu mnyeruak ke permukaan menjadi sebuah negara industri maju, yang bahkan mampu menguasai dunia melalui hasil kerja kerasnya dalam bentuk teknologi dan industri yang canggih.
Hal senada juga pernah dibuktikan oleh bangsa kita sendiri. Pada waktu Belanda mau menjajah kembali Indonesia. Karena kemerdekaan telah merupakan cita-cita luhur bangsa dan telah diproklamasikan Soekarno-Hatta, atas nama Bangsa Indonesia, maka dengan semboyan “merdeka atau mati”, bangsa Indonesia berjuang gigih mempertahankannya.
Aspek lain yang terkandung dalam pencak silat dan erat hubungannya denga aspek budaya adalah aspek seni. Gerakan-gerakan pencak silat selain mengandung unsur beladiri, didalamnya juga merangkum unsur seni. Berbicara tentang seni berarti merambah dunia keindahan. Sedangkan untuk menghayati keindahan, dibutuhkan satu apresiasi yang cukup memadai disamping kepekaan rasa. Ini dikandung maksud bahwa pencak silat ingin membawa penghayatnya ke dalam kepekaan rasa. Karena rasa disini adalah rasa keindahan, pada gilirannya penghayat pencak silat itu pun akan terbawa ke dlam kepekaan rasa keindahan. Efeknya, jiwa orang itu menjadi indah. Kita katakan jiwa yang oindah itu adalah jiwa yang sehat.
Sebab meriangnya badan wadag (jasmani) ditandai dengan sakit maupun pusing. Tapi meriangnya jiwa (rokhani) ditandai dengan ketidakmapuan rokhani dalam menangkap isyarat-isyarat kebenaran Tuhan. Dan jika hal itu sampai terjadi, bisa dibayangkan betapa rendahnya derajat orang yang jiwanya meriang itu. sebaliknya, jika jiwa orang itu sehat, maka dengan sendirinya orang itu akan dapat menyelaraskan nafsu dan perasaannya sesuai dengan apresiasi keindahan seninya. Lambat laun orang itu akan memancarkan kharisma dan dicintai sesama.
Konotasianya adalah bahwa Persaudaraan Setia Hati Terate ingin menekankan kepada para warganya bahwa sesungguhnya hidup dan kehidupan ini penuh dengan seni dan romantika. Ada susah ada bungah, ada pertemuan ada perpisahan, ada kenal ada bosan dan lain sebagainya.

5. Kerokhanian
Setelah kita meletakkan dasar yang kuat lewat olah raga, hingga mampu membentuk jasmani yang sehat, hal yang tak boleh ditinggalkan adalah membangun jiwanya (rokhaninya). Sebab manusia pada hakekatnya adalah makhluk semurna, yang selain memiliki raga juga memiliki jiwa. Dan antara jiwa dan raga menyatu dalam kesatuan tak terpisahkan (mono dualis).
Menyadari kodrat manusia sebagai makhluk yang tidak hanya memiliki ragas tapi juga jiwa, Persaudaraan Setia Hati Terate kemudian mencoba meletakkan dasar-dasar pembentukan jiwa agar di dalam raga yang telah kuat itu tumbuh jiwa yang sehat. Dan ilmu pengetahuan meruapakan salah satu pilihan tepat guna pembentukan jiwa itu, disamping giat melakukan penggalian rasa (olah rasa) untuk mendapatkan tingkat kecerdasan dan kesadaran tertinggi untuk menerima isyarat (wangsit) dalam bentuk petunjuk (pituduh) dari Tuhan Yang maha Esa.
Dalam proses pencarian pituduh PSHT mengenal tiga dimensi pemahaman. Pertama, pemahaman yang timbul; setelah kita melakukan kajian atas wahyu yang telah dikaruniakan Allah dalam Kitab Suci yang diwahyukan kepada utusan-Nya atau Rasul-Nya. Kedua, pemahaman empiris, berdasarkan temuan tokoh yang kredibilitas mumpuni setelah tokoh menjalani laku ritual dan penghayatan panjang atas makna hakiki kehidupan. Ketiga, pemahaman universal yang diterima oleh individu secara khusus, dengan prasyarat-prasyarat mutlak yang telah digariskan dalam pranatan ilmu bangkit.
Ilmu pengetahuan dan proses pemahaman yang diporsikan guna membangun jiwa warga/anggota Persaudaraan Setia Hati Terate adalah ilmu ”Ke-SH-an”(ilmu kesetiahatian) yang kemudian dikemas dalam pelajaran ”Ke-SH-an”atau kerokhanian.
Pemberian bekal kerokhanian ini dipandang sangat perlu agar tercipta suatu keseimbangan (balancing) antara raga dan jiwa, mengingat Persaudaraan Setia Hati Terate telah membekali raga warga/anggotanya dengan olah raga bela diri pencak silat.
Sebab, sekuat dan setinggi apapun kemampuan ilmu beladiri seseorang, jika tidak diimbangi dengan kekuatan rokhani, akan menjadikan orang itu sombong dan suka pamer (adigang adigung adiguna).
Persaudaraan Setia Hati Terate tidak ingin melihat warga/siswanya tenggelam dalam kesombongan. Persaudaraan Setia Hati Terate bertekad mengajak para warganya untuk menjadi manusia yang berbudi luhur, tahu benar dan salah. Sebab, Persaudaraan Setia Hati Terate sadar bahwa pada hakikatnya kekuatan, kelembutan dan cinta kasih, atau dengan kata lain, “ Sura Dira Jayadiningrat Swuh Brasta Lebur Dening Pangastuti”.
Untuk itulah Persaudaraan Setia Hati Terate meletakkan dasar ajaran kerokhanian kepada para warga dan anggotanya. Dasar-dasar kerokhanian dalam Persaudaraan Setia Hati Terate, disebut juga ilmu ”Ke-SH-an” atau ilmu “kesetiahatian”. Ilmu Ke-SH-an adlah ilmu untuk mengenal diri sendiri. Seorang yang telah mengenal dirinya dia akan berusaha mengenal lingkungannya. Seorang yang telah mengenal lingkungannya, dia pun akan berusaha mengenal Tuhannya.
Kajian ilmu Ke-SH-an dan bagaimana ritual yang harus dilakukan untuk mendapatkan puncak kecerdasan dan kesadaran tertinggi ini akan dijabarkan dalam media khusus dan dibimbing langsung Ketua Umum PSHT atau jajaran fungsionaris Persaudaraan Setia Hati Terate Pusat Madiun yang ditunjuk.